usaha sampingan di rumah, usaha rumahan
Usaha Sampingan Yang Bisa Dikerjakan di rumah

Pengen Punya Usaha Sampingan di Rumah? Coba 9 Usaha Ini

Diposting pada

Tingginya kebutuhan sehari-hari, memang menjadikan kita untuk mencari usaha sampingan yang cocok dengan kemampuan dan profesi kita saat ini. Dan saat ini begitu banyak macam-macam usaha sampingan yang dapat kita kerjakan, seperti mengerjakan usaha sampingan di rumah atau usaha rumahan.

Membuka usaha rumahan adalah solusi tepat untuk semua orang, seperti untuk karyawan kantor, karyawan pabrik, dan pastinya untuk ibu rumah tangga. Terlebih usaha sampingan untuk ibu rumah tangga, wajib mencari jenis pekerjaan sampingan yang mudah dikerjakan, namun tetap harus menjadi usaha rumahan yang menjanjikan.

Keuntungan Membuka Usaha Sampingan di Rumah

Sudah pasti ketika kita membuka usaha sampingan, mendapatkan untung yang menjanjikan adalah salah satu tujuan utama kita. Dengan membuka usaha nyambi ini, kita bisa menambah penghasilan dan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca Juga : Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Karyawan Paling Menguntungkan

Membuka usaha di rumah memiliki banyak keuntungan bagi pelaku usahanya. Dan pastinya semua orang bisa melakukannya. Beberapa manfaat membuka usaha dari rumah ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hemat Modal Usaha

Sudah pasti ketika kita menggunakan rumah sebagai tempat usaha sampingan kita, maka kita tidak perlu lagi menyewa ruko untuk berjualan. Sehingga kita bisa menghemat modal usaha dan dapat kita gunakan untuk hal penting lainnya. Dengan ini kita lebih memungkinkan untuk membuka usaha sampingan tanpa modal.

Kita juga bisa menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada didalam rumah. Seperti meja, kursi, dan bahkan perlengkapan dapur bagi yang membuka usaha makanan kuliner.

2. Dapat Dilakukan Kapanpun

Selain untuk menghemat modal usaha, maka dengan membuka usaha sampingan di rumah, kita bisa beroperasi kapanpun kita mau. Tidak ada keterikatan kontrak yang harus dijalankan.

Bayangkan saja jika kamu harus mendadak pergi keluar kota, dan harus menutup usaha kamu. Sedangkan biaya kontrakan/ ruko belum terkumpul. Tentu akan sangat merugikan, bukan.

3. Dapat Dilakukan Oleh Siapapun

Usaha sampingan yang dikerjakan dirumah, tentunya bisa dilakukan oleh siapapun. Bahkan jika kamu seorang karyawan pabrik sekalipun. Kamu bisa membuka usaha setelah kamu pulang kerja, karena tidak ada bos yang dapat mengatur kamu.

4. Lebih Sering Bertemu Dengan Keluarga

Bayangkan saja jika kamu seorang karyawan kantoran, yang masih bekerja sampingan setelah pulang kerja sebagai tukang ojek online. Tentu saja hal ini akan membuat kamu lebih jarang berjumpa dengan keluarga.

Dengan membuka usaha di rumah, tentu saja kamu akan lebih sering berkumpul dengan keluarga tercinta. Kamu bisa membuka usaha rumahan ini sembari berbicara dan bercanda dengan anak, istri, ataupun saudara. Sungguh menyenangkan, bukan?

9 Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Setelah kamu tahu betapa bermanfaatnya mengerjakan usaha sampingan di rumah, maka saatnya kamu memiliih usaha rumahan mana yang menjanjikan. Karena beberapa diantaranya mungkin hanya cocok bagi orang-orang tertentu saja.

Seperti usaha sampingan untuk karyawan kantor, mungkin tidak cocok bagi karyawan pabrik. Jadi, simak baik-baik yah. Karena 12 macam usaha sampingan di rumah ini sangat menguntungkan.

1. Laundry Kiloan

Saat ini, mencuci masih dianggap hal yang kurang praktis oleh sebagian orang. Perhitungan untung rugi, dan efisensi waktu yang menjadikan banyak orang berfikir bahwa mencuci dilaundry lebih baik dari pada mencuci pakaian sendiri. Hal ini menjadi sebuah ide usaha sampingan di rumah yang sangat menguntungkan untuk dicoba.

Kamu bisa membuka usaha laundry kiloan hanya dengan modal 7,5 juta saja. Dengan modal tersebut, kamu bisa membeli perlengkapan cuci kamu dan mulai membuka usaha rumahan yang pastinya menjanjikan.

Apalagi usaha sampingan ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Selain mencuci pakaian sendiri, ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa laundry ini.

2. Usaha Cuci Motor dan/atau Mobil

Usaha cuci motor dan mobil juga menjadi salah satu usaha sampingan yang menguntungkan. Terlebih bagi kamu yang memiliki banyak waktu luang di rumah, seperti buruh harian, sanak sekolah dan mahasiswa.

Kamu bisa membuka usaha sampingan ini di rumah dengan mudah. Mungkin untuk pemula, kamu bisa menerima cuci motor saja terlebih dahulu.

Modal usaha ini juga sangat minim, karena hanya membutuhkan kain lap, shampoo, dan air yang bisa kamu ambil dari rumah kamu sendiri.

Jika usaha sampingan ini mulai terasa berkembang, kamu bisa mengeluarkan modal untuk membeli peralatan mesin seperti compressor atau bahkan menggaji karyawan.

3. Membuka Usaha Les Privat

Les privat bisa dikatakan menjadi salah satu kerja sampingan di rumah tanpa modal. Hanya bermodalkan pengetahuan dan kemampuan mengajar.

Kamu bisa membuka usaha rumahan ini dimalam hari, dimulai dengan tetangga terdekat. Apalagi jika kamu seorang mahasiswa yang memang belajar di jurusan tenaga pendidik.

Pastinya para tetangga kamu, akan percaya bahwa anak-anak mereka akan lebih pintar.

4. Jasa Pengetikan

Bisnis ini umumnya paling laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi.

Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, Anda bisa mendatangkan uang. Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata.

Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

5. Menjual Pakaian Bekas

Jika ingin menjalankan usaha sampingan yang dapat dikelola di rumah, maka lebih baik kamu menjual produk yang tahan lama, atau tidak mudah rusak, seperti menjual pakaian.

Namun tentunya jika kamu menjual pakaian baru, kamu pastinya akan kesulitan modal. Untuk itu, cobalah kamu membuka usaha pakaian bekas yang masih bagus dan layak dipakai.

Saat ini, pakaian second menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Lihat saja banyak marketplace yang menjual pakaian bekas secara online.

Jika kamu memiliki banyak stok pakaian yang masih bagus namun tidak terpakai, kamu bisa memulai usaha sampingan di rumah dengan barang kamu sendiri.

Kamu juga bisa membeli pakaian bekas ini di pasar tradisional. Pakaian bekas yang kamu beli, dapat dicuci ataupun dipermak agar lebih terlihat bagus. Kamu bisa memulai usaha sampingan ini dengan cara bisnis online.

6. Membuka Kedai Makan dan Minum

Usaha sampingan ini memang sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Pasalnya usaha kedai makan dan minum ini bisa dikerjakan di rumah. Kamu bisa membuka usaha ini di jam-jam tertentu saja, seperti khusus waktu jam sarapan di pagi hari, atau di jam makan malam.

Usaha sampingan ini merupakan salah satu usaha yang sangat menguntungkan. Terlihat dari jumlah penjual yang makin hari makin banyak.

Walau begitu, kamu tidak perlu takut kalah bersaing dalam bisnis kuliner ini. Jika kamu yakin masakan kamu enak, maka kamu bisa menghasilkan uang dari membuka kedai makanan dan minuman ini.

7. Membuat Blog

Ketika kita memutuskan terjun kedunia bisnis online, maka salah satu cara untuk bisa berhasil adalah dengan membuat blog. Membuat blog memanglah bukan sebuah perkara yang mudah, namun jika kita tekun menjalankannya, kita bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa.

Kita bisa memulai usaha sampingan ini di rumah dan pastinya tidak menyita banyak waktu. Yang kita butuhkan adalah konsisten dalam membuat artikel.

Karena didalam dunia Blogger, kita diwajibkan untuk mendapatkan traffic pengunjung yang banyak. Dengan itu, kita bisa menawarkan jasa kepada pengiklan untuk bekerja sama dalam hal promosi.

Baca Juga : Cara Menjalankan Usaha Sampingan Tanpa Modal Sebagai Penulis Artikel

Bisnis ini bisa dikerjakan oleh siapapun, baik itu pelajar, karyawan swasta, PNS, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Isilah blog kamu dengan konten-konten bermanfaat. Sehingga banyak orang tertarik untuk membaca. Dari membuat blog ini, kamu bisa mengikuti program afiliasi, menjadi publisher Google Adsense, dan masih banyak lagi.

8. Membuka Toko Online

Usaha sampingan yang bisa dikerjakan di rumah selanjutnya adalah dengan membuka toko online. Kamu bisa menjual apapun, bahkan kamu bisa menjual barang yang sebenarnya belum kamu miliki, atau istilahnya menjadi Dropshipper.

Bisnis toko online memang membutuhkan kemampuan dalam mengenal koding, HTMl, dan lain sebagainya. Namun bukan berarti kamu tidak bisa mencoba usaha sampingan ini bukan?

Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan toko online dengan modal 500 ribu rupiah saja. Sehingga kamu tidak perlu susah payah lagi untuk berjualan.

Atau kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti berjualan lewat facebook, instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya.

9. Menjual Foto di Internet

Teknologi digital yang ada jaman sekarang ini sangat mendukung seseorang yang ingin membuka usaha sampingan. Apabila memiliki hobi fotografi, maka Anda bisa menghasilkan uang dari jepretan foto-foto yang diambil sendiri.

Caranya adalah dengan menjual foto tersebut secara online. Pasti akan ada orang yang bersedia membayar foto yang Anda hasilkan jika memang fotonya bagus dan berkarakter.

Beberapa situs jual beli foto digital yang melayani transaksi ini adalah istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto). Selain itu, situs fotolia.com dan stockfresh.com juga bisa digunakan untuk menjajakan foto-foto Anda.

Untuk transaksi skala global biasanya menggunakan PayPal sebagai mode transaksi. Jadi jangan lupa untuk memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebelum membuat akun ini.

Mungkin itu saja yang dapat Coba Usaha rekomendasikan untuk para pencari kerja sampingan. Kamu bisa merekomendasikan usaha rumahan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Usaha sampingan di rumah? Pasti untung dan menjanjikan.

Gambar Gravatar
Coba Usaha adalah situs berbagi informasi di bidang peluang usaha. Yang diharapkan bermanfaat untuk kita semua. Semoga kita menjadi Wirausahawan tangguh di era ekonomi Global ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *