Tips Investasi Properti Untuk Pemula

Tips Investasi Properti Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Diposting pada

Dari sekian banyak jenis barang yang dapat dijadikan media investasi, properti termasuk salah satu yang paling menguntungkan. Mengapa demikian? Alasan utamanya tentu karena harga properti yang tinggi. Semakin lama harga properti akan semakin naik.

Sebagai contoh, rumah yang kamu beli tahun ini senilai 300 juta rupiah dapat kamu jual tahun depan seharga 500 juta rupiah. Dan sangat jarang harga properti menurun dari tahun ke tahun. Harga properti juga tidak terpengaruh dengan inflasi keuangan yang sering terjadi di Indonesia.

Hal inilah yang membuat investasi di bidang properti menjadi yang paling banyak dipilih. Investasi di bidang properti menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menyelamatkan keungan kamu dari gerusan inflasi.

Akan tetapi, bukankah berinvestasi di bidang properti membutuhkan modal yang besar?

Jawabannya tentu saja tidak. Semua ada tips dan triknya. Jika kamu ingin berinvestasi dengan membeli rumah atau gedung untuk dijual kembali tentu kamu membutuhkan modal yang besar. Dan sekarang saatnya kamu belajar investasi properti.

Tips Investasi Properti Untuk Pemula Supaya Untung

Namun sebelumnya, harus kamu pahami bahwa investasi properti tidak hanya sebatas jual beli rumah mewah saja. Ada banyak cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk berinvestasi di bidang properti dengan modal awal yang kecil. Terutama bagi kamu pemula yang belum pernah mencoba investasi ini.

Berikut ini tips investasi properti untuk pemula modal kecil yang harus kamu ketahui.

1. Menjadi Agen Makelar Properti

Ketika modal yang kamu miliki kecil bahkan tidak ada, maka menjadi makelar properti menjadi pilihan yang sesuai. Apalagi jika kamu memiliki bakat lebih di bidang pemasaran. Cara memulai investasi properti dengan menjadi agen perantara, adalah langkah awal untuk mulai belajar investasi properti ini.

Bisnis ini dapat kamu lakukan dengan mencari properti, seperti rumah atau gedung yang akan dijual di sekitar tempat tinggalmu. Pastikan properti tersebut belum diiklankan. Kamu dapat menawarkan diri untuk menjadi agen makelar kepada pemilik properti tersebut.

Setelah itu, mulailah bekerja dengan memasarkan properti tersebut. Kamu dapat menawarkan kepada rekan-rekan kenalanmu. Kamu juga dapat membuat iklan di koran atau media media lainnya. Apalagi saat ini ada banyak sosial media yang dapat kamu jadikan media untuk promosi.

Setelah properti yang kamu pasarkan terjual, kamu dapat mengambil komisi yang sudah disepakati oleh pemilik properti. Misalnya, kamu akan mendapatkan 2.5% dari hasil penjualan properti tersebut. Jika harga jual properti tersebut 1 milyar rupiah, maka kamu akan mendapatkan 25 juta rupiah. Ini merupakan investasi yang sangat menguntungkan dan kamu tidak perlu modal di dalamnya.

Baca Juga : 4 Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian Yang Perlu Kamu Tahu

2. Menjadi Agen Properti

Selain menjadi makelar yang mencari sendiri properti yang akan kamu jual, kamu juga dapat menjadi agen properti dari perusahaan-perusahaan properti. Ada banyak perusahaan properti yang membangun perumaha atau apartemen yang membutuhkan agen properti. Agen properti ini akan membantu mereka dalam memasarkan produk properti yang mereka miliki.

Kamu dapat mencari perusahaan properti yang memiliki prospek yang bagus. Lalu, lihatlah penawaran yang mereka berikan kepada agen-agen properti perusahaan tersebut. Kamu dapat bekerjasama untuk menjadi agen di perusahaan tersebut. Kemudian, mulailah untuk memasarkan properti yang sudah disepakati.

Sistem kerja di perusahaan properti dan mandiri hampir sama. Mungkin jika menjadi makelar mandiri kamu dapat mnawark komisi yang akan didapatkan. Sedangkan di perusahaan, umumnya mereka sudah menetapkan besaran komisi yang akan kamu terima.

3. Membuka Bisnis Homestay

Salah satu contoh investasi properti adalah dengan mencoba berbisnis Homestay. Homestay saat ini menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk kamu lakukan. Banyaknya orang yang bepergian atau berliburan membuat bisnis homestay berjalan dengan baik.

Kamu dapat mencari tetangga, teman, rekan, atau keluarga yang memiliki rumah yang tidak dihuni. Kemudian, buatlah kesepakatan dengan mereka untuk menjalankan bisnis homestay. Kamu dapat merenovasi sedikit dari rumah tersebut untuk dapat dijadikan homestay.

Kamu tidak perlu repot untuk mencari media promosi. Kamu dapat bekerjasama dengan media-media penyedia jasa homestay yang saat ini banyak tersedia secara online. Airy room salah satu contoh media yang akan mewadahi pebisnis homestay yang ada di Indonesia dan dunia. Saat ini bisnis Homestay sudah menjadi salah satu investasi properti yang menguntungkan.

4. Mencari Properti dengan Harga di Bawah Pasaran

Investasi di bidang properti memang sulit untuk mencari yang murah. Namun, bukan berarti tidak ada. Salah satu cara berikutnya yang dapat kamu coba untuk melakukan investasi di bisnis properti adalah mencari properti dengan harga murah.

Ada beberapa orang yang karena kondisi tertentu akan menjual propertinya dengan harga murah. Mulailah untuk berburu hal ini. Kamu dapat membeli properti tersebut. Kemudian kamu dapat menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal.

Kamu dapat menunggu beberapa saat setelah membeli properti untuk menjualnya kembali. Hal ini dilakukan karena semakin lama harga properti tentu akan semakin mahal. Ini merupakan cara yang baik jika kamu tidak memiliki modal yang besar.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk melakukan investasi dengan modal yang kecil. Jika kamu memiliki keyakinan dan terus bekerja keras, modal bukanlah menjadi halangan untuk melakukan investasi. Selamat mencoba dan jangan lelah untuk Coba Usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *