Membuat website berkualitas

Persiapkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Memulai Membuat Website

Diposting pada

Membuat website itu mudah, tetapi membangun sebuah website itulah yang susah. Banyak Blogger yang jatuh di tengah jalan, disebabkan karena tidak mempersiapkan beberapa hal penting sebelum membuat website.

Seperti yang kita tahu, bahwa sebuah website sangat berguna untuk memulai menghasilkan uang. Baik sebagai media promosi sebagai penulis lepas, ataupun sebagai media usaha sampingan di rumah.

Tetapi bukankah untuk membuat website hanya dibutuhkan domain dan hosting saja? Bahkan banyak domain dan hosting yang disediakan secara gratis. Inilah yang menjadikan website yang akan kita kelola menjadi tidak berkualitas. Seperti tidak adanya pengunjung, tidak ada penjualan – jika website kita merupakan situs jual beli -, atau bahkan tidak diterima sebagai publisher Google Adsense.

5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Website

Tidak banyak yang tahu bahwa dalam membuat sebuah website, yang diperlukan bukanlah hanya sekedar artikel. Tetapi hal yang paling penting adalah perencanaan yang matang.

Website menjadi “Toko” yang akan kita jadikan media penjualan. Sehingga untuk membuat sebuah “toko” kita memerlukan perhitungan, serta mengukur kemampuan kita saat mengelolanya kelak.

Berikut ini beberapa hal yang sangat penting bagi seorang Blogger ketika ingin memulai membangun bisnis onlinenya melalui media website. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis.

1. Menentukan Topik/ Kategori Website

Pastinya beberapa dari kamu tidak terlalu terkejut dengan hal yang pertama ini. Pasalnya hal ini sudah pasti dilakukan oleh semua Blogger.

Namun permasalahannya bukan terletak dari pemilihan topik (Niche). Tetapi bagaimana seorang Blogger bisa konsisten dengan Niche yang akan diangkat.

Terdapat dua topik umum yang sering diangkat oleh seorang Blogger, yakni :

  1. 1. Mix Topic/ Topik Bercampur (gado-gado)
  2. 2. One Topic Only / Satu Topik Khusus

Kedua bentuk ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Mix Topic memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih besar. Karena memang topik yang dibahas sangat banyak. Secara umum topik gado-gado hampir mirip dengan situs berita.

Namun apakah kamu yakin bisa menulis artikel secara rutin untuk memenuhi semua topik yang akan kamu bahas setiap harinya. Bayangkan jika kamu adalah personal blogger yang membahas 5 topik berbeda dalam satu blog yang kamu kelola. Tentu saja akan sangat kerepotan bukan untuk membuat artikel yang berbeda-beda topik tiap harinya?

Bandingkan jika kamu fokus membahas satu topik saja. Misalnya kamu fokus membahas More Pakaian trendi. Kamu bisa fokus untuk mengembangkan website tersebut terfokus pada pakaian saja.

Bahkan, hal ini sangat berguna jika kamu ingin membantu toko online. Misalnya dengan membuat website tentang dunia pakaian, kamu bisa menjual Pakaian dengan memberikan ulasan tentang bagaimana kriteria bahan pakaian yang bagus, apa saja pakaian yang sedang trendi saat ini.

Dengan ini, pembaca yang bisa jadi seorang konsumen membeli barang yang kamu jual karena lengkapnya informasi yang kamu berikan tentang pakaian. Kamu bisa mengembangkan topik website sewaktu kamu mulai merasa bisa merekrut tim untuk membahas topik yang lain, dan masih ada hubungannya dengan topik yang kamu bahas saat ini.

2. Mencari Referensi Website Sejenis

Setelah yakin dengan Niche yang akan digunakan, selanjutnya adalah dengan mencari referensi dengan mengunjungi website yang sejenis. Membuat website yang berkualitas, berarti kita memiliki kelebihan dari website yang sudah ada saat ini. Baik dari tampilan, isi artikel, metode penyampaian informasi dan lain sebagainya.

Kita bisa melihat beberapa website dengan memasukkan kata kunci di kolom pencarian Google. Misalnya kamu akan membangun website toko online bertopik jual beli pakaian. Silahkan kamu cari beberapa website yang membahas topik yang sama.

Coba perhatikan apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki website tersebut. Tulis semua yang kamu temukan disebuah catatan khusus.

Hal ini akan sangat berguna untuk menentukan bagaimana bentuk website kamu kelak. Mungkin hal ini terasa terlalu jauh dilakukan, namun akan sangat bermanfaat ketika kamu sudah siap memulai membuat website.

3. Menentukan Nama Domain dan Deskripsi Website

Hal selanjutnya yang wajib diperhatikan sebelum membuat website adalah Nama domain dan deskripsi. Sebelumnya apakah kamu tahu apa itu domain?

Domain adalah nama dari sebuah website yang digunakan untuk mengarahkan pembaca pada sebuah situs. Nama website bisa saja berbeda dengan nama domain.

Misalnya www.domainku.com dengan nama website Toko Online. Sangat berbeda bukan?

Untuk menentukan sebuah nama domain, kamu bisa memilih sebuah nama yang unik dan mudah dihapal orang banyak. Saya pribadi merekomendasikan nama domain dengan ciri khas nama merek seperti www.pakaianrasya.com dari pada www.pakaiantrendi.com yang pastinya memiliki banyak pesaing.

Setelah itu, ciptakan sebuah deskripsi website yang jelas dan tepat sasaran. Misalnya : Pakaian Rasya Adalah Situs Yang Membahas Tentang Pakaian Jadi, Bahan Pakaian Terbaik, Tips Berpakaian, dan Jenis Pakaian Terbaik Untuk Pria, Wanita, dan Anak Anak.

Identitas situs ini sangat membantu website kamu untuk dapat muncul di pencarian Google. Semakin konsisten dan jelas Identitas website, maka semakin berkualitas website tersebut.

4. Menyiapkan Artikel Dan Bahan Untuk Website

Ketika kamu sudah masuk ke poin ke empat, maka kami sudah siap untuk menetapkan seperti apa nantinya website yang akan kamu buat. Banyak orang menilai bahwa untuk membuat sebuah website, kita hanya perlu menjalankan setelah website tersebut sudah terbentuk.

Ini adalah cara pandang yang salah. Ingat baik baik hal ini :

Membuat Website itu mudah, membangun nya yang sulit. Tidak perlu 10 menit untuk membuat website. Cukup dengan membeli domain dan hosting saja, website kamu sudah jadi.

Namun setelah membeli domain dan hosting, apa yang harus kamu lakukan? Sibuk menentukan topik, mencari referensi, dan lain sebagainya. Dan akhirnya website kamu tidak kunjung berubah. Sungguh sayang bukan?

Untuk itulah tahapan ini perlu diperhatikan, dan di poin ke empat ini, dapat kita ibarat kan bahwa kita menyiapkan peluru dan alat tempur lainnya sebelum berperang.

Tulislah 10 Artikel utama tentang topik yang kamu bahas nantinya. Persiapkan logo dan gambar yang menarik.

Bayangkan saja, ketika kamu sudah membeli domain dan hosting, semua bahan sudah siap dan website kamu sudah berjalan karena lengkapnya bahan. Keren bukan?

5. Menentukan Platform Yang Terbaik

Jangan hentikan membaca, hal penting sebelum membuat website yang terakhir ini sangat perlu kamu simak.

Tahukah kamu banyak platform yang bisa kamu gunakan ketika membuat website? Namun yang paling sering digunakan  adalah platform dari Google yakni Blogspot dan WordPress.

Dua perusahaan ini memiliki fitur yang berbeda satu sama lain. Dan pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan.

Jadi apa kira-kira yang terbaik untuk digunakan? Untuk saat ini, saya lebih merekomendasikan WordPress dibandingkan Blogspot.

Disamping mudah digunakan karena banyaknya plugin yang mempermudah kita, WordPress sendiri lebih mudah terindeks di pencarian Google.

Dibandingkan dengan wordpress, blogspot cenderung lebih sulit digunakan karena semua harus dikerjakan manual. Namun semuanya tergantung dengan kamu sendiri. Pembahasan lebih mendalam soal manakah yang lebih baik dalam membuat website, akan saya jelaskan kemudian.

Semoga berhasil, dan jangan lupa untuk coba usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *