keuntungan menabung emas di pegadaian
cara menabung emas di pegadaian

4 Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian Yang Perlu Kamu Tahu

Diposting pada

Apa sih keuntungan menabung emas di Pegadaian? Pegadaian merupakan lembaga pemerintah yang sudah dikenal banyak masyarakat Indonesia. Mungkin kamu termasuk salah satu yang sering datang ke Pegadaian. Atau mungkin kamu punya pengalaman menabung emas di pegadaian.

Pegadaian merupakan salah satu tempat yang dituju masyarakat untuk mendapatkan pinjaman uang dengan cara menggadaikan barang yang dimiliki.

Misalnya kamu memiliki beberapa gram perhiasan emas, maka kamu dapat menggadaikan perhiasan kamu untuk mendapatkan pinjaman sejumlah uang. Kamu kemudian dapat menembus perhiasan kamu dengan membayar pinjaman tersebut sesuai dengan kesepakatan.

Baca Juga : 8 Situs Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan

Ini merupakan fungsi Pegadaian yang sudah umum diketahui masyarakat. Namun, tahukah kamu kalau kamu juga bisa menabung di Pegadaian.

Ya, selain pergi ke bank, kamu juga bisa pergi ke Pegadaian untuk menabungkan sejumlah harta yang kamu miliki. Salah satu program tabungan yang disediakan oleh Pegadaian adalah tabungan emas.

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Bila selama ini kamu sering menggadaikan emas yang kamu miliki ke Pegadaian, kini kamu dapat mulai menabung emas di Pegadaian. Tentu kamu bertanya-tanya mengapa kamu harus menabung emas di Pegadaian? Apa keuntungan yang akan kamu dapatkan? Apa bedanya dengan menabungkan uang?

Berikut ini 4 keuntungan menabung emas di Pegadaian yang wajib kamu ketahui, bahkan juga untuk pelajar. Yuk, Coba Usaha investasi emas supaya untung dimasa depan.

1. Biaya Awal dan Setoran Murah

Seperti apa sih cara menabung emas di pegadaian ini? Berapa biaya yang biasanya dikeluarkan sebagai setoran awal tabungan? Biasanya kamu akan dikenakan biaya 50 ribu hingga 500 ribu untuk dapat membuka buku tabungan di bank.

Akan tetapi, Pegadaian memberikan biaya awal yang sangat murah bagi kamu yang ingin menabung emas di lembaga ini. Kamu hanya harus membeli emas senilai 0.01 gram sebagai saldo awal tabunganmu.

Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000 dan biaya pengelolaan rekening sebesar Rp 30.000 untuk 12 bulan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan simulasi tabungan emas pegadaian berikut ini. Jika harga emas saat ini Rp 500.000 per gramnya, maka setoran awal yang harus kamu berikan minimal Rp 5.000. Dan jika bulan depan harga emas naik, kamu masih bisa memberikan setoran sebesar Rp. 5.000. Namun, emas yang kamu dapatkan akan berkurang karena harga emas sudah naik.

Sehingga hanya dengan biaya Rp 45.000 kamu sudah bisa memiliki buku Tabungan Emas Pegadaian. Kamu juga dapat dengan mudah cek saldo tabungan emas pegadaian kamu.

Kamu bisa menerapkan beberapa trik investasi emas di pegadaian. Seperti menabung emas saat harga murah, dan menjualnya dengan harga tinggi. Atau bisa juga mengajak arisan emas dikalangan tetangga, dan menabungkannya di satu buku tabungan emas.

2. Proses Yang Mudah

Untuk membuka Rekening Tabungan Emas Pegadaian kamu tidak diharuskan datang langsung ke outlet atau kantor Pegadaian. Ada pilihan lain yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat memilih mendaftar melalui agen Pegadaian yang ada di sekitarmu. Kamu juga dapat mendaftar melalui Aplikasi Pegadaian Digital.

Lalu, jika mendaftar melalui agen atau aplikasi, bagaimana dengan percetakan buku tabungannya?

Kamu dapat melakukan pencetakan buku tabungan dengan pergi ke outlet Pegadaian terdekat. Batas waktu pencetakan ini maksimal 6 bulan setelah kamu melakukan pendaftaran.

Selai proses pendaftaran yang mudah, proses top up saldo tabungan juga sangat mudah. Kamu juga dapat melakukan top up saldo secara online atau melalui bank. Jika kamu ingin pergi ke outlet Pegadaian atau melalui agen Pegadaian juga sangat disarankan.

Top up dapat dilakukan melalui bank mitra Pegadaian, seperti bank Mandiri, BNI, dan BRI. Top up dapap dilakukan melalui ATM, internet banking, atau mobile banking dari bank-bank tersebut. Selain itu, kamu juga dapat melakukan top up melalui aplikasi Pegadaian Digital.

3. Kemanan Sistem dan Lembaga Terpercaya

Jika kamu mencari lembaga investasi emas yang terpecaya dan aman, maka Pegadaianlah jawabannya. Pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan langsung oleh pemerintah. Meskipun pemerintah tidak campur tangan secara langsung, namun tentu lembaga ini tetap milik pemerintah.

Hal ini membuat setiap nasabah sudah pasti dijamin keamanannya untuk bertransaksi melalui Pegadaian. Kamu tidak akan mengalami penipuan jika menabung di Pegadaian. Kamu juga tidak perlu khawatir tabungan kamu akan dibawa lari atau digelapkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

4. Proses Pencairan Cepat dan Mudah

Keuntungan menabung emas di pegadaian yang terakhir adalah proses pencairan uang yang mudah dan cepat. Jika kamu membutuhkan uang dalam waktu yang cepat, maka kamu dapat mencairkan tabungan emas yang kamu miliki di Pegadaian. Kamu dapat menjual emas yang kamu miliki (buyback).

Cara mencairkan tabungan emas pegadaian terbilang sangat cepat. Proses ini dapat kamu lakukan dengan datang ke outlet Pegadaian atau melalui aplikasi Pegadaian Digital. Minimal penjualan yang dapat dilakukan adalah senilai 1 gram emas.

Ketika kamu ingin menjual (buyback) emas di dalam tabunganmu, pastikan jumlah saldo minimal yang kamu miliki cukup. Seminimalnya kamu memiliki saldo rekening senilai 0.1 gram untuk dapat menjual kembali atau mentransfer saldo yang kamu miliki.

Jika kamu melakukan transaksi melalui aplikasi Pegadaian Digital maka kamu akan dikenakan biaya administrasi. Biaya administrasi ini sangat murah, yaitu Rp 2.500 per transaksinya.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan transfer tabungan emas yang kamu miliki ke rekening bank yang kamu inginkan.

Kamu dapat melakukan transfer dengan pergi ke outlet Pegadaian atau melalui aplikasi Pegadaian Digital. Namun, sebelum melakukan transfer, pastikan saldo minimal yang kamu miliki memenuhi syarat untuk melakukan transfer. Kamu harus memiliki minimal 0.1 gram saldo emas untuk dapat melakukan transfer.

Kamu juga dapat melakukan transfer minimal senilai emas 1 gram. Jika kamu melakukan transfer melalui outlet Pegadaian, maka kamu akan dikenalakan biaya administrasi senilai Rp 2.000 per transaksinya. Namun, jika kamu melakukan transfer melalui aplikasi Pegadaian Digital kamu tidak perlu mengelurkan biaya administrasi. Untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung mengunjungi outlet terdekat atau mengunjungi situs resminya di https://www.pegadaian.co.id.

Mungkin itu saja review tabungan emas pegadaian yang bisa kami paparkan. Walau masih banyak keuntungan menabung emas di pegadaian, ke-empat hal diatas adalah keuntungan yang terutama. Selanjutnya, Coba Usaha akan memberikan cara menabung emas di pegadaian untuk pelajar. Mau dunk investasi sejak masih dibangku sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *