syarat dan cara membuat surat izin usaha dagang (SIUP)

Cara dan Syarat Membuat Surat Izin Usaha Dagang (SIUP) Terbaru 2018

Diposting pada

Berdagang merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Untuk menjadi seorang pengusaha yang handal, seorang pengusaha harus mampu mengelola secara penuh, baik dari segi menjual produk, dan juga dari segi legalitas perusahaan. Salah satu aspek penting yang harus dimiliki pengusaha ialah membuat surat izin usaha dagang.

Surat Izin Usaha Perdagangan, yang selanjutnya disebut SIUP, adalah Surat Izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007.

SIUP sebagai surat izin perdagangan dan usaha diberikan oleh pejabat pemerintah kepada pelaku usaha sebagai bukti pengesahan. Dengan adanya SIUP, sebuah usaha akan dianggap sah dan legal serta diakui oleh pemerintah sebagai usaha yang berkualitas.

Manfaat Memiliki Surat Izin Usaha Dagang (SIUP)

Surat izin usaha dagang memegang peranan penting yang harus dimiliki oleh pengusaha atau pedagang. Manfaat yang paling utama ketika memiliki Surat Izin Usaha Dagang adalah terkait dengan pinjaman usaha. SIUP memiliki fungsi resmi terutama apabila pengusaha ingin mengajukan pinjaman modal usaha pada pihak Bank ataupun pihak lembaga keuangan lainnya.

Baca Juga : Pinjaman KUR BRI Tanpa Jaminan, Begini Cara dan Syarat Pengajuannya

Nah, bagi kalian yang juga merupakan pengusaha atau pedagang yang belum memiliki surat izin usaha maka buatlah usaha dagang kamu menjadi resmi dan terdaftar dengan membuat surat izin usaha dagang. Berikut cara dan syarat membuat Surat Izin Usaha Dagang

Syarat dan Cara Mengurus Surat Izin Usaha Dagang

Untuk dapat memiliki SIUP, ada beberapa hal yang wajib kamu penuhi. Syarat administrasi surat untuk mendapatkan izin usaha berdagang adalah sebagai berikut.

1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Untuk mendapatkan izin usaha untuk berdagang, kamu bisa menatangi kantor pelayanan perizinan terpadu atau kantor dinas perdagangan kota atau kabupaten setempat. Setelah itu kamu akan diberikan formulir pendaftaran.

Kemudian isi setiap komponen atau informasi apapun yang ada dalam formulir tersebut. Apabila kamu berhalangan untuk hadir, maka dalam hal ini kamu dapat memberikan surat kuasa kepada orang lain yang terpercaya untuk mengurus administrasinya dengan membuat surat kuasa yang bertkamu tangan dengan materai 6000.

Dalam hal ini hendaknya kamu melakukannya sendiri agar proses pembuatan berlangsung lebih jelas dan terpercaya. Namun jikalau memang kamu sedang berhalangan hadir, maka percayakanlah disarankan untuk mengutus kerabat terdekat. Hal ini guna agar tidak adanya penyelewengan yang akan merugikan kamu sebagai pihak pemiliki usaha dagang tersebut.

2. Membayar Biaya Pembuatan SIUP

Dalam hal ini setiap dari masing – masing kota atau kabupaten setiap wilayah memiliki rincian biaya tersendiri sesuai dengan peraturan yang ada pada wilayah tersebut. Namun terdapat beberapa daerah, yang tidak membebankan biaya untuk mendapatkan surat izin usaha dagang.

Kamu bisa mengetahui informasi ini melalui layanan informasi di Kantor Perizinan setempat.  Hal ini guna agar kamu mendapatkan sedikit gambaran terkait rincian biaya yang harus kamu bayar.

3. Melengkapai Syarat Administrasi

Secara umum, terdapat syarat untuk dapat mengurus izin usaha dagang. Berikut syarat membuat surat izin usaha dagang yang harus dipenuhi pemohon :

  1. Foto kopi identitas diri dalam hal ini (KTP) Pemohon,
  2. Foto kopi KK,
  3. Foto kopi NPWP,
  4. Surat keterangan domisili,
  5. Pas Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar
  6. Surat keterangan usaha dari RT dan Lurah Setempat,
  7. Materai 6000,
  8. Apabila tempat usaha didirikan di atas tanah hak milik orang lain maka diperlukan surat izin atau bukti perjanjian sewa menyewa antara pemilik usaha dan pemilik tanah atau bangunan.

Surat izin usaha perdangan akan siap atau bisa di ambil dalam kurun waktu maksimal 2 minggu, sehingga kamu hanya perlu menunggu waktu pengambilan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Namun, apabila syarat dan segala ketentuan administrasi kamu sudah sangat lengkap sesuai apa yang telah ditetapkan maka kamu tak harus menunggu hingga 2 minggu karena surat iizn usaha dagang kamu akan cepat selesai dalam waktu yang singkat.

Apabila dari rangkaian syarat tersebut telah kamu penuhi maka akan mudah dan cepat proses pembuatan surat izin usaha dagang yang akan kamu ajukan. Surat izin usaha dapat kamu jadikan perlindungan hukum yang sah dan resmi apabila ada pihak lain yang ingin menganggu serta merusak usaha dagang yang kamu lakukan.

Selain daripada itu dengan membuat surat izin usaha dagang dapat membantu usaha dagang yang kamu jalani lebih mudah untuk berkembang. Baik usaha dagang tersebut masuk dalam kategori mikro ataupun makro semua butuh surat izin usaha yang resmi dari pihak yang berwewenang.

Penelusuran Terkait : syarat membuat siup perorangan,syarat membuat siup untuk toko,cara membuat siup mikro,cara daftar siup online,cara mengurus perubahan siup, cara perpanjang siup, cara membuat situ, cara mengurus tdp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *